Manado, tidak hanya terkenal dengan kuliner dan budayanya yang khas, tapi memiliki tempat-tempat wisata menakjubkan yang patut di kunjungi, jangan pernah merasa menjadi orang Indonesia apabila tidak pernah mengunjungi objek wisata di kota ini.

Berikut rekomendasi kami untuk jadi bahan anda para traveler untuk mengunjungi wisata di Manado

Taman Laut Bunaken

Bunaken adalah satu ikon destinasi wisata yang paling terkenal di Manado, hampir semua jenis acara pariwisata di Sulawesi Utara pasti mengambil Taman Laut Bunaken sebagai tempat perhelatannya. Hal ini yang menyebabkan bunaken sangat terkenal di masyarakat Indonesia hingga manca negara.

Taman Nasional Bunaken memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya.Terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang di wilayah ini.Spesies alga yang dapat ditemui di Taman Nasional Bunaken adalah Caulerpa, Halimeda dan Padina, sementara spesies rumput laut yang banyak ditemui adalah Thalassia hemprichii, Enhallus acoroides, dan Thalassaodendron ciliatum. Taman Nasional Bunaken juga memiliki berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove.Sekitar 90 spesies ikan tinggal di perairan wilayah ini.

Di daratan, pulau ini kaya akan Arecaceae, sagu, woka, silar dan kelapa. Selain itu, Taman Nasional Bunaken juga memiliki spesies hewan yang tinggal di daratan, seperti rusa dan kuskus. Hutan mangrove di taman ini menjadi habitat bagi kepiting, lobster, moluska dan burung laut.

 

Taman Laut Tumbak

Selain Bunaken, Manado juga mempunyai Taman Laut Tumbak yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara atau berjarak sekitar 3 jam dari Kota Manado. Taman laut ini termasuk “virgin spot” karena Taman Laut Tumbak itu jarang dikunjungi para wisatawan, sehingga tidak seramai seperti di Taman Laut Bunaken. Di lokasi ini juga menyediakan puluhan spot diving yang tidak kalah keren dengan Taman Laut Bunaken.

Saat melihat keindahan bawah laut dengan snorkling maupun diving anda akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang begitu indah dengan ratusan spesies ikan dengan beragam jenis seperti common lionfish, banggai, nudibranch, cardinalfish, clownfish, napoleon, angelfish, surgeonfish, unicornfish, morish idol, damselfish, groupers, parrotfishes, zebra lionfish, lizardfishes dan masih banyak lagi. Selain itu anda juga bisa melihat beragam bintang laut yang begitu indah dengan berbagai macam warnanya.

Selain bisa melihat beragaram jenis ikan, mata anda juga akan dimanjakan dengan hamparan karang yang begitu luas baik hardcoral maupun softcoral seluas kurang lebih 100 hektar dengan berbagai bentuk coral yang cantik dan berwarna warni (brain coral salah satunya). Tidak hanya sampai disitu, jika anda sudah mahir diving/snorkling anda dapat melihat hutan kipas laut yang beragam jenis seluas 300 meter pada kedalaman 3-6 meter.

 

Danau Tondano

Pesona Danau Tondano yang terletak di Sulawesi Utara ini tidak kalah menakjubkan dengan keindahan Danau Toba di Pulau Sumatera. Danau Tondano memiliki pemandangan yang begitu asri, teduh, dan juga indah. Anda dapat menyewa fasilitas perahu motor yang tersedia untuk berkeliling menikmati pesona keindahan Danau Tondano secara maksimal.

Di tepi Danau Tondano terlihat jelas Gunung Kaweng. Konon danau ini terjadi karena letusan yang dahsyat karena ada kisah sepasang insan manusia yang berlainan jenis melanggar larangan orang tua untuk menikah (bahasa Minahasa: kaweng) dengan nekat lari (tumingkas) di hutan. Sebagai akibat melanggar nasihat orang tua maka meletuslah kembaran gunung kaweng tersebut sehingga menjadi danau Tondano. Danau Tondano mempunyai objek wisata yang terkenal “Sumaru Endo” Remboken, dan Resort Wisata Bukit Pinus (Tondano arah Toliang Oki).Gua tikus tasuka, Dari tepian danau Tondano (Toliang Oki), kita dapat melintas puncak Bukit Lembean dan memandang keindahan Laut Maluku (di sebelah timur), tepatnya kawasan Tondano Pante (Kecamatan Kombi), Kabupaten Minahasa.Pondok kinakas.(dapat dilihat di atas ktr.camat kakas dan boulevard tontimomor).

 

Air Terjun Desa Kali

Air Terjun Desa Kali atau yang sering disebut Air Terjun Ratahan Telu merupakan satu lokasi wisata di Manado yang sangat instagramable. Kesan hijau dan artistik yang ditawarkan air terjun ini tentu menjadi incaran anda yang hobi fotografi. Untuk mencapai lokasi Air Terjun Desa Kali, anda harus mempersiapkan perjalanan yang cukup terjal karena harus menyusuri hutan yang cukup menantang sebelum bisa sampai ke lokasi ini. Itulah kenapa air terjun ini masih sangat asri dan terjaga, sebab jarang dikunjungi oleh wisatawan.

 

Jembatan Soekarno

Ini dia lokasi wisata yang baru dan sedang hits di Manado. Sejak diresmikan pada tahun 2015, Jembatan Soekarno telah banyak menarik wisatawan untuk berkunjung dan berfoto di sini. Direkomendasikan anda mengunjungi Jembatan Soekarno saat hari sudah beranjak malam, karena pemandangan sunset yang indah dapat anda dapatkan dari lokasi wisata ini.

 

Danau Linow

Siapa sih yang tidak mau melihat pemandangan danau yang anti mainstream? Selain Danau Tondano, ada juga Danau Linow di daerah Tomohon yang akan memperlihatkan sebuah pemandangan danau dengan 3 warna. Ketiga warna danau tersebut adalah warna hijau, biru, dan kuning yang pastinya dapat memanjakan mata selama memandangnya. Sampai saat ini, Danau Linow masih menjadi salah satu primadona tempat wisata di Manado yang populer.

 

Lembah Madoinding

Berwisata di Lembah Madoinding tentu akan menjadi pilihan yang sangat tepat bagi anda yang sudah bosan dengan polusi udara di daerah perkotaan. Di lembah ini, anda dapat melihat pemandangan cantik dari pertanian sayur mayur yang hijau dan asri. Tahukah anda, hasil pertanian Lembah Madoinding ini ternyata merupakan penyuplai terbesar kebutuhan sayuran di Minahasa Selatan. Artinya, kamu akan melihat pemandangan daerah pertanian yang sangat luas di Lembah Madoinding ini.